DPRD Kolaka Kehilangan Sosok Panutan H. Syarifuddin Baso Rantegau

  • Share
Penyerahan jenazah H. Syarifuddin Baso Rantegau, Wakil Ketua DPRD Kolaka dari DPRD Kolaka kepada pihak keluarga di aula rapat paripurna DPRD Kolaka.

Kolaka, WN – DPRD Kabupaten Kolaka turut  berduka atas meninggalnya Wakil Ketua DPRD Kolaka, H. Syarifuddin Baso Rantegau. Legislator PDI-P itu  menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit di Makassar  dalam usai 67 tahun, pada hari Kamis (7/4).

Jenazah beliau diterbangkan dari Makasar menuju Kendari dan dibawa kerumah duka di Kolaka. Sebelum diserahkan ke pihak keluarga, pihak DPRD Kolaka menggelar penghormatan terakhir kepada politisi senior itu di ruang rapat Paripurna DPRD Kolaka pada Kamis malam (7/4).

Dalam acara itu, Ketua DPRD Kolaka, Ir. Syaifullah Halik menyatakan DPRD Kolaka kehilangan sosok panutan di parlemen Kolaka.

“Beliau  merupakan sosok luar biasa, panutan  bagi kami di DPRD Kolaka,  Beliau ini kadang menganggap kami sebagai adik, kadang menganggap kita sebagai saudara, juga kadang menganggap kita sebagai anak, beliau luar biasa banyak memberikan masukan-masukan kepada kita dalam menghadapi persoalan di DPRD Kolaka ini, bahkan beliu memposisikan diri bukan hanya sebagai guru, orang tua, namun juga sahabat yang bisa berbagi untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan bijak,  oleh karena itu atas meninggala beliau, kami di DPRD Kolaka sangat kehilangan sosok beliau,” ungkap Syaifullah.

Syaifullah juga menyampaikan, selamat Jalan kepada beliau, dia meminta kepada segenap anggota DPRD, sekretariat, warga Kolaka banyak mendoakan semoga Almarhum agar mendapat SyurgaNya dan wafat Husnul Khotimah. Aammiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Syaifullah juga menyampaikan kenangan terakhir bersama beliau sebelum meninggal di rumah sakit. “Terakhir saya ketemu dengan beliau pada hari Sabtu di rumah sakit, saya lihat beliau keadaannya sudah baik, beliau bilang kepada saya bahwa dia sudah mau pulang, itu terakhir kalinya saya bertemu dengan beliau, ” ungkapnya.

Sementara itu saudara beliau, H. Syarifuddin Rantegau menyatakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DPRD Kolaka. “Saya atas nama keluarga menyatakan terima kasih banyak kepada ketua DPRD Kolaka, anggota DPRD, Kapolres dan semua orang, mari doakan adik saya agar mendapatkan tempat di sisinya,” terang Syarifuddin.

Jenazah beliau kemudian di bawa ke rumah duka untuk kemudian dimakamkan pada Jumat (8/4).

H. Syarifuddin Baso Rantegau  atau yang akrab di sapa H. Tontong menjabat Wakil Ketua DPRD Kolaka dengan  SK DPP PDI-P ditandatangani tangani langsung oleh ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto tertanggal 4 September 2019.  Baliau adalah lagislator dua periode di DPRD Kolaka.

Sebelum beliau  menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kolaka periode 2019-2024, H. Syarifuddin Baso Rantegau juga pernah menjadi Ketua Komisi III DPRD Kolaka di periode sebelumnya. ,

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Almarhum yang juga penggiat olahraga Karate itu adalah PNS di lingkup dinas perhubungan Kolaka. (*)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *