Armansyah; 48 Tahun Perjalanan Perumda Aneka Usaha Dengan Penuh Dinamika

  • Share

Perjalanan Perusahaan Daerah (Perusda) yang dibentuk sejak 5 Februari 1976 lalu sewaktu Kolonel(Pur) H Muh Nur sebagai Bupati Kolaka. Dalam perjalanannya Perusda kini berubah nama menjadi Perusahaan Umum Daerah(Perumda) Aneka Usaha Kolaka berdasarkan Peraturan Daerah(Perda) nomor 22 tahun 2022 tentang Perumda. Dengan perubahan nama Perusda menjadi Perumda Aneka Usaha dalam perjalanannya sebagai salah satu perusahaan bisnis Pemda Kolaka dengan tujuan bisa berkontribusi dalam menunjang pendapatan daerah.

Perumda Aneka Usaha Kolaka diusianya yang kini sudah memasuki 48 tahun tepatnya pada 5 Februari 2024 baru saja diperingati dengan cukup semarak, dan merupakan untuk pertama kalinya perayaan Hari Ulang Tahun(Hut) ke-48 tahun Perumda Aneka Usaha Kolaka dirayakan sejak didirikan 5 Februari 1976 silam. Perjalanan panjang Perumda Kolaka dengan dinamikanya mengalami pasang surut bertahun-tahun belum bisa memberikan kontribusi yang berarti kepada Pemda Kolaka, meski dengan silih berganti direksi sampai tujuh kali.

Namun tahun 2017 seorang sosok kaum milenial Armansyah yang bertubuh gempal dan gemoy, Armansyah dipercaya sebagai Direktur Utama(Dirut) setelah melalui tim seleksi uji kelayakan dan kepatutan oleh DPRD Kolaka.

Setelah Armansyah diberi amanah dalam mengemban tugasnya sebagai Dirut Perumda Aneka Usaha, salam mengawali tugasnya sebagai seorang pimpinan telah diperhadapkan dengan berbagai persoalan perusahaan serba kompleks, mulai dari persolan utang pajak perusahaan yang mencapai puluhan miliar rupiah, belum lagi persoalan internal perusahaan. Tetapi dengan sumber daya manusia yang dimiliki seorang sosok Armansyah juga dikenal oleh karyawannya sebagai sosok pimpinan yang bertangan dingin yang mampu mengurai setiap persoalan dalam perusahaan diselesaikan dengan tuntas.

Sosok Armansyah memiliki kepribadian tidak banyak retorika, tetapi memiliki skil dibuktikan dengan kemampuannya bisa membawa perubahan Perumda Aneka Usaha seolah-olah bangun dari tidurnya bertahun-tahun.

“Alhamdulillah sejak saya dipercaya sebagai Dirut bersama rekan saya Taufiq sebagai Direktur Keuangan kami diperhadapkan dengan berbagai persolan perusahan mulai dari utang pajak nilainya hingga mencapai puluhan miliar rupiah belum lagi persoalan internal perusahaan itu sendiri. Tetapi Alhamdulillah semuanya itu kami mampu menyelesaikan persoalan itu dan sampai sekarang persoalan utang pajak perusahaan sudah menjadi zero,”ungkapnya saat menyampaikan sambutan pada perayaan Hut ke-48 Perumda Aneka Usaha di halaman kantor Perumda Aneka Usaha pada(5/2/2024).

Dalam empat tahun kepemimpinan Armansyah memimpin Perumda Aneka Usaha telah berhasil mendedikasikan dirinya sebagai sosok pimpinan yang bertangan dingin dan mampu merubah perusahaan menjadi eksis dan sehat termasuk financial yang sangat memadai. Sehingga mampu membeli tanah beserta gedung untuk dijadikan kantor sendiri. Bahkan pengadaan sejumlah aset tanah maupun kendaraan dinas jajaran direksi dan kendaraan operasional lapangan juga semakin bertambah.

Dalam periode kedua kepemimpinan Armansyah kini kembali diberikan amanah sebagai Dirut, meskipun Armansyah kembali mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh tim seleksi bersama anggota DPRD Kolaka. Namun Armansyah lagi-lagi berhasil mengalahkan beberapa rivalnya turut berkompetisi mengikuti uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Dirut Perumda Aneka Usaha.

Kini Perumda Aneka telah mengembangkan sayap bisnisnya dengan membentuk cabang perusahaan bergerak dalam bidang properti, jasa pertambangan dan membangun perusahaan air mineral kemasan. “Alhamdulillah pada periode kedua saya kembali diberi amanah, kami sudah membentuk anak perusahaan bergerak dalam bidang properti, jasa pertambangan dan juga perusahaan bergerak dalam bidang kemasan air mineral,”pungkas Arman.(pus)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *