Peringati HUT Ke-61 Kabupaten Kolaka,  DPRD gelar rapat paripurna istimewa

  • Share
Unsur Pimpinan DPRD Kolaka menggunaakan pakaian adat Mekongga dalam sidang paripurna istimewa peringatan HUT Kolaka

KOLAKA, WONUANEWS – Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Kolaka ke-61, DPRD Kolaka menggelar Rapat Peripurna Istimewa yang dihadiri seluruh Anggota DPRD, Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin Wakil Bupati Kolaka , Forum Komunikasi pimpinan Daerah, Tokoh-tokoh Masyarakat, dan Instansi SKPD.

Karena masih dalam suasana pendemi, tamu dan udangan yang dihadirkan terbatas. Meski demikian Rapat Parpurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik didampingi Wakil Ketua H. Husmaluddin dan Wakil Ketua Syarifuddin Baso Rantegau berlangsung khidmad dan lancar di aula Sidang Paripurna Gedung DPRD Kolaka pada Jumat (26/02).

Dalam rapat paripurna  itu seluruh unsur pimpinan DPRD dan anggota DPRD menggunakan pakaian Adat Mekongga, begitu juga dengan Bupati dan wakil Bupati Kolaka.

Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik menggunakan pakaian adat Mekongga dengan warna putih dominan, sementaraWakil Ketua H. Husmaluddin memakai pakaian adat dengan warna dominan biru, begitu juga Wakil Ketua Syarifuddin Baso Rantegau menggunakan pakaian adat dengan warna dominan merah.

Sedangkan Bupati serta wakil Bupati Kolaka sendiri memakai pakaian adat Mekongga dengan dominan warna hijau muda, sementara anggota DPRD lainnya menggunakan baju dengan bahan kain adat khas suku Mekongga.

Syaifullah Halik usai acara tersebut mengatakan, bahwa hal tersebut memang sudah menjadi tradisi dalam setiap sidang paripurna istimewa Peringatan HUT Kabupaten Kolaka dengan tujuan untuk melestarikan adat dan budaya dan juga menunjukkan pesan kebanggan akan budaya yang ada di Kolaka.

“Sudah tradisi sejak beberapa tahun lalu, ini wujud kecintaan kita kepada daerah kita Kolaka, selain itu ini juga salah satu wujud dalam melaestarikan kearifan lokal dan budaya,” paparnya.

Sebelumnya dalam sambutannya, Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik memaparkan di usia ke 61 Kabupaten Kolaka sudah berusia lebih dari setengah abad, berbagai pengalaman dan cobaan telah dilewati apalagi dimasa pendemi saat ini.

“Kita telah banyak melewati berbagai macam kondisi dalam perjalanan kehidupan dan perkembangan daerah Kabupaten Kolaka, apalagi saat ini di masa pandemi. Namun kita juga harus terus bergerak, mempercepat pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkesinambungan bagi seluruh rakyat kabupaten Kolaka dengan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat yang harus ditingkatkan, sehingga dapat terwujud masyarakat yang berkeadilan dan sejahtera,” paparnya.

Di kesempatan itu pula, DPRD Kolaka megucapakan terima kasih kepada Pemda Kolaka dalam upayanya meningkatakan pembangunan di Kolaka selama kurun waktu perjalanan Kab. Kolaka .

Pada kesempatan itu juga Syaifullah Halik juga menyebutkan nama nama unsur pimpinan DPRD Kolaka dari periode pertama hingga kini.

Sementara itu Bupati Kolaka, Ahmad Safei dalam sambutannya di rapat paripurna itu mengatakan perkembangan kabupaten Kolaka hingga saat ini semuanya tidak lepas dari dukungan lapisan masyarakat Kabupaten Kolaka. Dalam Kesempatan itu juga Ahmad Safei memaparkan kemajuan Kolaka selama ini. (kai)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *