DPD II KNPI Kolaka Segera Bentuk LBH untuk Mewujudkan Keadilan Hukum Bagi Semua

  • Share
Samsu Alam, Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPD II KNPI Kolaka

KOLAKA, WN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kolaka, Sulawesi Tenggara, berencana segera membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sebagai salah satu langkah nyata dalam memberikan akses keadilan hukum bagi seluruh lapisan masyarakat. Rencana tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM, Samsu Alam, dalam keterangan yang diberikan melalui pesan WhatsAppnya kepada media pada tanggal 26 Juli 2023.

Dalam penjelasannya, Samsu Alam menekankan bahwa tujuan utama dibentuknya LBH ini adalah untuk memastikan bahwa semua warga masyarakat, terutama yang berada di lapisan paling bawah, mendapatkan perlakuan yang adil dan setara di hadapan hukum. Menurutnya, konstitusi negara menjamin hak setiap warga negara untuk menerima bantuan hukum, dan hal ini merupakan bentuk nyata dari demokrasi yang berkeadilan.

Samsu juga menyampaikan keprihatinannya mengenai berita-berita atau kasus-kasus hukum yang cenderung memihak dan tidak adil, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. Untuk mengatasi masalah ini, DPD II KNPI Kolaka bergerak cepat dengan membentuk LBH sebagai wadah pemuda untuk turut serta memberikan bantuan hukum yang adil dan profesional bagi seluruh masyarakat Kolaka.

Lebih lanjut, Samsu Alam menyatakan bahwa pembentukan LBH ini merupakan salah satu program kerja dari Bidang Hukum dan HAM organisasi tersebut. Dengan semangat untuk melibatkan para advokat muda, DPD II KNPI Kolaka berharap dapat melahirkan generasi hukum yang berdedikasi tinggi dalam memberikan keadilan bagi semua orang di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, dalam pengakuan Samsu, dirinya telah ditunjuk sebagai Ketua LBH DPD II KNPI Kolaka, dan keputusan tersebut juga sangat didukung oleh Ketua Umum DPD II KNPI Kolaka, Wandhi Pratama Putra Sisman. Keberadaan LBH diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam memajukan keadilan hukum bagi masyarakat Kolaka secara menyeluruh.

Program kerja terbentuknya LBH ini disambut positif oleh banyak pihak, termasuk para praktisi hukum di wilayah tersebut. Mereka menyambut dengan antusias dan memberikan dukungan penuh untuk upaya pemuda dalam menciptakan sistem hukum yang lebih berkeadilan dan adil bagi seluruh lapisan masyarakat Kolaka. Semoga dengan adanya LBH ini, warga Kolaka akan semakin percaya bahwa hukum benar-benar menjadi perisai yang melindungi dan menjamin hak-hak mereka. (pus)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *