BMKG ingatkan waspada dampak cuaca tingkatkan gelombang tinggi

  • Share
Illustrasi Kapal Nelayan yang seeing berlayar di teluk Mekongga

KOLAKA, WONUANEWS – Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Sangia Nibandera Kabupaten Kolaka, Sultra mengingatkan dapak cuaca bisa meningkatkan tingginya gelombang laut di perairan selat Mekongga.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika stasiun Meteorologi Sangia Nibandera, Hijrah K Musgamy yang dikonfirmasi mengatakan selain dampak cuaca dan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang bisa memicu ketinggian gelombang laut.

BMKG kata dia sudah mengeluarkan saran pelayaran kepada seluruh pengguna transportasi laut atau nelayan guna memperhatikan dan waspada terhadap gelombang tinggi demi keselamatan pelayaran.

Apalagi kata lanjut dia kapal nelayan yang sering keluar mencari nafkah di laut harus memperhatikan ketinggian gelombang laut serta angin kencang yang kadang-kadang datang secara tiba-tiba.

“Kalau kecepatan angin mencapai 15 knot dan ketinggiian gelombang laut berkisar 1,25 meter sebaiknya nelayan tidak melaut dulu demi keselamatan,” katanya.

Begitu juga kata Hijrah kapal feri juga harus waspada ketika ketika kecepatan angin berkisar 21 knot serta ketinggian gelombang laut mencapai 2,5 meter agar tidak melakukan perjalanan laut sementara.

“Prakiraan Gelombang Teluk Bone Bagian Utara Teluk Bone Bagian Selatan secara umum kategori rendah (0.5 – 1.25m), namun berpotensi kategori sedang (1.25 – 2.5 m) pada tanggal 18-19 Februari 2021 dan secara umum kategori sedang (1.25 – 2.5 m),” jelasnya.

Sementara prakiraan cuaca kata Hijrah tanggal 16 sampai 22 Februari 2021 secara umum kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, dan Kolaka Utara diprakirakan berawan hingga hujan ringan.

Sementara potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kecamatan Pomalaa, Tanggetada, Watubangga, Lambai, Ranteangin, Wawo, Iwoimenda, Latambaga, Ueesi, Uluiwoi, Tinondo dan Mowewe.

“Kalau hujan dengan potensi hujan intensitas Lebat diprakirakan terjadi di Kecamatan Wolo dan Samaturu,” ungkap Hijrah. (raz)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *