PT Vale Indonesia Resmi Serahkan Sekolah Lapang Organik untuk Pemberdayaan Petani di Morowali

  • Share

Morowali,WN – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) melangsungkan peresmian dan serah terima Sekolah Lapang Organik di Desa Ululere, Bungku Timur, Morowali, pada Kamis (14/12/2023). Sekolah ini, sebagai pusat belajar para petani, menjadi bagian dari upaya PT Vale dalam Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) untuk memberdayakan masyarakat sekitar wilayah operasionalnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh manajemen IGP Morowali, perwakilan Bupati Morowali, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, kepala dinas, kepala desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Camat Bungku Timur dan Bahodopi, Ketua Perkumpulan Petani SRI Organik Morowali (Pepsoli), serta 56 petani organik.

Bupati Morowali, Abdul Muttaqin Sonaru, menyampaikan apresiasi terhadap PT Vale atas kontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani di wilayah pemberdayaan. Ia berharap program ini menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk berkontribusi dalam sektor pertanian di wilayah operasional mereka.

Wafir, Director of Mine Project IGP Morowali, mengungkapkan kebanggaannya atas kolaborasi dengan pemerintah daerah, kecamatan, dan desa dalam menghadirkan program untuk kemajuan masyarakat pertanian. Dia menegaskan keyakinannya bahwa program ini dapat membawa dampak positif jangka panjang, meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan kualitas kesehatan melalui konsumsi beras dan sayur organik.

Beras organik hasil petani binaan IGP Morowali telah memperoleh sertifikat dari Inofice, lembaga sertifikasi organik, menandakan keamanan konsumsi tanpa bahan kimia berbahaya. Harapannya, kolaborasi ini dapat terus berlanjut untuk menciptakan masyarakat Morowali yang sehat, mandiri, dan sejahtera.

Faisal Suma, Ketua Pepsoli Bungku Timur, mengakui bahwa Program PSRLB sangat membantu petani dengan menekan biaya produksi. Dia menyampaikan terima kasih kepada PT Vale atas kontribusi dalam program ini.

Pada kesempatan yang sama, petani presentasi hasil aktivitas mereka kepada manajemen IGP Morowali dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk umpan balik langsung dari pemangku jabatan terhadap hasil lokakarya sehari sebelumnya.

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *