Petani Binaan PT Vale di Kolaka Melakukan Panen Raya Padi Sri Organik

  • Share
Penen raya padi SRI organik di desa Puubunga, Kecamatan Baula Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara

Kolaka, WN – Sejumlah kelompok tani di Desa Puubunga Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara binaan PT Vale dalam Program unggulan pertanian ramah lingkungan yang dikenal dengan padi System of Rice Intensification (SRI) organik melakukan panen perdana pada Rabu (1/6/2022).

Program tanam padi SRI organik yang dilakukan oleh petani di desa itu merupakan bagian dalam program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berkelanjutan (Sustainable) PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale).

Dalam kegiatan itu dihadiri oleh Vice President Director Pt Vale Indonesia Tbk Adriansyah Chaniago, Bupati Kolaka Ahmad Safei, Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, Ketua Komisi III DPRD Kolaka Ir H. Akhdan. Mereka yang turut hadir tersebut turut melakukan panen raya bersama petani.

Dalam sambutannya Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengapreseasi dan mengucapkan terima kasih kepada PT Vale yang telah menginisiasi program tersebut kepada para petani di Kolaka.

Dia mengatakan program tersebut dapat membawa perbaikan kehidupan petani yang lebih baik.

“Terimah kasih banyak kepada PT Vale, ini luar biasa, semoga ini terus disosialisasikan, program ini merupakan motivasi dalam rangka perbaikan kehidupan, semua untuk kebaikan kita semua,” terangnya.

Dengan menerapkan padi SRI organik, Kata Ahmad Safei sangat menguntungkan para petani, karena hasilnya berlipat ganda.

“Dengan padi SRI organik dapat meningkatkan produksi nyata dari 4 ton perhektarnya gabah kering menjadi 8 ton perhektarnya dengan kualitas padi yang dihasilkan lebih baik, kalau dijual bisa puluhan juta rupiah, jadi ini tinggal kemauan kita semua, lakukan sesuai teknisnya, dan ini juga harus terus disosialisasikan kepada petani yang lain, dan kepada PT Vale kami berharap untuk terus memberikan pembinaan dan motivasi kepada petani kita,” paparnya.

Sementara Vice President Director Pt Vale Indonesia Tbk, Adriansyah Chaniago, juga menyatakan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka dan petani di desa Puubunga yang telah berkolaborasi sehingga panen raya tersebut dapat terlaksana.

“Alhamdulillah dalam satu siklus kita dapat meningkatkan produktivitas petani kita dari 4 ton sampai 8 ton lebih perhektarnya, makanya kita cukup optimis kedepan progra ini bisa ditambah luasannya, tentu ini semua berkat kerjasama bareng Pemerintah dan petani setempat dengan PT Vale,” Adriansyah Chaniago.

Dia juga mengatakan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) akan terus mendorong agar sektor pertanian di area wilayah pemberdayaan dapat berkembang dengan baik.

Salah satunya dengan mengedukasi petani dengan program unggulan pertanian ramah lingkungan yang dikenal dengan padi System of Rice Intensification (SRI) organik di Blok Pomalaa.

SRI organik menjadi bagian penting dalam program PT Vale Indonesia Tbk, yakni Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berkelanjutan (Sustainable).

Dia juga mengungkapkan selama tujuh tahun terakhir, perseroan telah menjalankan padi SRI Organik di blok Sorowako. Sebagai komitmen dan kepedulian PT Vale terhadap sektor pertanian, PT Vale terus mengembangkan program tersebut dan kini telah hadir di area pemberdayaan blok Pomalaa Kabupaten Kolaka yang merupakan salah satu area konsesi Kontrak Karya.

“Awalnya sudah berjalan di Luwu timur dan sejauh ini cukup berhasil, sehingga kita juga bawa kesini pada akhir tahun kemarin dan kita lihat pendampingan berhasil, dan panen raya ini akna kita jadikan percontohan,” tambahnya. (*)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *