Mahasiswa FISIP USN Kolaka laksanakan KKN Tematik

  • Share
Nursamsir, Dekan FISIP USN Kolaka
Nursamsir, Dekan FISIP USN Kolaka

KOLAKA, WONUANEWS-Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dengan tema mahasiswa dalam menanggulangi dampak pandemik COVID-19.

Dekan FISIP USN Kolaka, Nursamsir saat melepas peserta KKN Tematik secara virtual menjelaskan tematik ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pencegahan penyebaran dan dampak COVID-19.

“Mahasiswa kita harapkan dapat memberikan edukasi dengan melaksanakan berbagai kegiatan untuk menanggulangi dampak COVID-19,” katanya (18/8/20).

Menurutnya pelaksanaan KKN tahun ini sangat berbeda dengan KKN sebelumnya Mahasiswa melaksanakan KKN di wilayah domisi masing-masing yang pelaksanaannya memperhatikan protokol kesehatan.

KKN Tematik ini diharapkan menjadi sarana efektif bagi pendidikan tinggi untuk memaksimalkan perannya dalam menjawab permasalahan-permasalahan kontemporer yang muncul khususnya terkait isu pandemic Covid 19.

“KKN tematik berbasis problem Solving dan orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia, Firdaus, menjelaskan peserta KKN Tematik dikelompokkan dalam 37 kelompok dan di bimbing 37 dosen.

“Mereka tersebar 5 kabupaten yakni KabupatenKolaka, KabupatenKolakaTimur, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Bombana, dan Kabupaten Buton  Tengah dengan18 kecamatan dan 33 desa/kelurahan,” kata Firdaus.

Firdaus menambahkan pihak fakultas mengembangkan 4 pilihan program yang akan dilaksanakan peserta KKN yaitu: 1. Penanganan dan Pencegahan Covid-19;  2) Program Inovasi UMKM di masa Kenormalan Baru;  3) Inovasi Pelayanan Publik di masa Kenormalan Baru; dan 4) Pemberdayaan masyarakat terdampak Covid-19.

“Dari keempat pilihan program tersebut, kemudian mahasiswa akan menentukan jenis kegiatan dan judul program yang terlebih dahulu dilakukan obervasi lapangan,” jelasnya. (raz)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *