KPU Kolaka Terus Rampungkan Verfak Keanggotaan Parpol

  • Share
Verfak di sekretariat Partai Buruh Kabupaten Kolaka

KOLAKA, WN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara terus berupaya untuk merampungkan verifikasi faktual (verfak) keanggotaan sembilan partai politik non parlemen di wilayah Kabupaten Kolaka.

“Kita terus pacu kegiatan verifikasi faktual sampai tanggal 4 November 2022 nanti. Insya Allah, verifikasi faktual dapat dilakukan sesuai waktu yang ditetapkan,” kata M. Fadly, Koordinator Divisi Teknis Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kolaka (11/2) yang ditemui saat memimpin jalannya verfak di sekretariat Partai Buruh Kabupaten Kolaka.

Menurutnya verifikasi faktual keanggotaan partai politik dilakukan selama 21 hari sejak 15 sampai 4 November 2022.

Untuk verifikasi faktual pengurus telah dilakukan pada 16 sampai 18 Oktober 2022. Sedangkan verifikasi faktual anggota dilakukan sejak 19 Oktober sampai 4 November 2022.

Lanjutnya mengatakan selama melakukan verifikasi faktual di lapangan kendala yang ditemui adalah faktor cuaca, lokasi yang jauh dan sulitnya menemui sampel anggota parpol yang telah ditentukan oleh KPU RI.

“Beberapa waktu lalu, petugas kami secara maksimal telah mencari dan menemui warga yang menjadi sampel yang telah ditetapkan, namun memang banyak diantara mereka juga tidak bisa ditemui, sehingga partai politik yang bersangkutan diminta menghadirkan anggota yang tidak bisa ditemui itu di kantor partai politik, seperti yang kita lakukan sekarang,” terangnya.

Jika nanti tidak bisa juga hadir, kata Fadly maka maka jalan terakhir adalah dengan menghubungi yang bersangkutan dengan metode video call.

Dia menyebutkan saat turun kelapangan petugas banyak mendapat jawaban dari sampel yang ditemui mereka tidak punya kartu anggota dan tidak mengetahui tergabung dalam sebuah partai politik.

“Terhadap persoalan itu maka statusnya nanti tidak memenuhi syarat. Namun sesuai jadwal akan ada masa perbaikan pada 10 sampai 13 November 2022 nanti,” ujarnya.

Untuk diketahui Sembilan partai politik yang dilakukan verifikasi faktual adalah PSI, Hanura, Perindo, PKB. Selain itu Partai Umat, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nusantara dan Partai Gelora.(*)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *