KPU Kolaka luncurkan tahapan dan jadwal pilkada

  • Share

Kolaka,WN-Komisi pemilihan umum Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara meluncurkan tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan wakil Bupati di alun-alun sembilanbelas November yang di hadiri komisioner KPU dan Bawaslu Sultra.

Dalam sambutannya ketua KPU Kolaka,Abdul Rahman mengatakan peluncuran tahapan pilkada serentak tahun 2024 sudah di lakukan oleh KPU RI di Jogjakarta serta ditingkat provinsi Sulawesi Tenggara pada pekan lalu.

Di kolaka kata Rahman juga dilakukan hal yang sama yang merupakan satu dari 37 Provinsi dan 508 Kabupaten Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak yang kan dilaksanakan pada tanggal 27 November tahun 2024.

Pada momentum ini lanjut Rahman adalah komitmen KPU siap melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kolaka sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dab berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya pada bulan November mendatang.

” pada tahapan persiapan sudah ada beberapa yang dilaksanakan diantaranya pembentukan PPK dan PPS,” katanya.

KPU juga jelas Rahman sudah masuk pengumuman bakal calon yang di dahului dengan pengumuman persyaratan bagi calon melalui jalur perseorangan yang dimana Kolaka terdapat satu bakal calon Bupati dan wakil Bupati yang mendaftar dan saat ini masih dalam proses verifikasi faktual.

Selain itu juga dilakukan pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan oleh oleh petugas Pantarlih mulai tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024 nanti dan di harapkan masyarakat untuk memberikan data yang benar kepada petugas saat melakukan pendataan.

” Kami menyadari bahwa pelaksanaan pilkada menjadi kerja bersama untuk kesukseskan agenda besar ini dan diharap dukungan Pemda dan forkopimda,perguruan tinggi,organisasi masyarakat dan kepemudaan,tokoh Agama dan tokoh masyarakat,” ungkap Rahman.

Rahman juga berharap agar saling menghargai perbedaan dan bersatu dalam semangat keberagaman dan hindari serta jangan mudah terprovokasi terhadap isu SARA dan berita bohong (hoax) yang kadang begitu cepat bergulir di media sosial.

” tetap jaga kerukunan dan kedamaian demi terciptanya dan terlaksananya pemilihan Bupati dan wakil Bupati secara langsung,umum,bebas dan rahasia,” jelasnya.

Sementara Penjabat Bupati Kolaka yang di wakili Kepala dinas satuan polisi pamong praja,Muhammad Said mengatakan Pemerintah memberikan dukungan penuh kepada KPU baik anggaran maupun pemenuhan sumber daya manusia.

Begitu juga dukungan kantor sekretariat PPK dan PPS lanjut Said Pemerintah sudah memberikan dukungan bagi badan adhock penyelenggara Pilkada di tingkat bawah serta dukungan lainnya yakni memberikan imbauan kepada aparatur sipil Negara untuk bertindak Netral pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kolaka.

” Sebagai Pemerintah mengajak seluruh masyarakat turut serta menyukseskan tahapan pemilihan kepala daerah dan gunakan hak pilih untuk memilih pemimpin Kolaka di masa yang akan datang,” jelas mantan kabag Umum setda Kolaka itu.

Sebelum melakukan peluncuran tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan wakil Bupati,KPU Kolaka mengumumkan pemenang sayembara maskot dan jingle Pilkada dimana juara pertama memperoleh hadiah Rp10.000.000,juara kedua Rp7.500.000 dan juara ketiga Rp.5.000.000 untuk masing-masing pemenang.(ABY)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *