Ketua Fokal Sorot Sampah Berserakan di Depan Rumah Adat

  • Share

KOLAKA,WN—Ketua Forum Kontraktor Lokal(Fokal) Kolaka Sultra sorot sampah depan rumah adat Mekongga Kolaka. Melalui Ketua Fokal Kolaka Ivan Darmawan melalui WhatsAppnya kepada media ini pada(25/6/2024), mengungkapkan kekesalannya terkait masalah sampah berserakan di depan rumah adat Kolaka yang terletak di depan pantai ria Alam Mekongga.

“Kami sebagai warga Kolaka sangat prihatin dengan sampah berserakan di depan rumah adat, pada hal seharusnya tempat itu harus steril dari sampah-sampah, karena rumah adat ini merupakan ikon dari daerah ini, tapi sayangnya kebersihan, keindahan dan estetikanya rumah adat ini kok tidak dijaga,”ungkap Ivan dengan nas kesal.

Menurut Ivan, seharusnya instansi terkait yang menangani masalah kebersihan lingkungan khususnya masalah sampah dan instansi terkait yang menangani masalah kepariwisataan seharusnya bisa menjaga agar lingkungan rumah adat ini selalu bersih.

“Permasalahan ini tidak bis dibiarkan, makanya dalam waktu dekat kami minta agar instansi yang terkait bisa mempertanggungjawabkan melalui Rapat Dengar Pendapat(RDP) di DPRD Kolaka,”tegas ivan juga pemerhati masalah sosial dan lingkungan hidup.

Sementara Kepala Bidang(Kabid) Pertama nan Dinas Lingkungan HIDUP dan Kebersihan(DLHK) Kolaka, Kadek Suarjana dikonfirmasi terkait sampah berserakan di lingkungan perumahan adat. Dikatakannya terkait masalah sampah di depan rumah adat adalah obyek tugas dari Dinas Pariwisata.

“Jadi kalau sampah yang berserakan di depan rumah adat itu adalah obyek tugas dari Dinas Pariwisata,”ungkap Kadek.

Meski demikian kata Kadek, bahwa tanggungjawab memelihara kebersihan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah daerah, tetapi juga dibutuhkan kesadaran dari semua elemen masyarakat untuk bersama menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Jadi dibutuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, setahu saya dilokasi itu banyak tempat sampah sudah disediakan,”ujarnya.

Sementara Mirdan, Kepala Dinas Pariwisata dikonfirmasi media ini melalui selularnya pada(25/6/2024) belum memberikan jawaban terkait masalah sampah berserakan di depan rumah adat merupakan wilayah tugas Dinas Pariwisata Kolaka.

Meski demikian Kadek. Mengapresiasi kepada salah satu organisasi pengusaha sudah peduli terhadap masalah sampah, “Kita berharap dari dunia usaha bisa memberikan solusi dalam menangani masalah sampah,”harapnya.(pus)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *