Jelang Idul Fitri Dinkes Sidak Pasar Swalayan

  • Share

KOLAKA,WN—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Sultra kembali melakukan sidak di sejumlah pasar modern (swalayan), untuk melakukan pemeriksaan terhadap terhadap semua produk makanan dan minuman.

Sidak yang dilakukan pada(13/4/23) dipimpin langsung oleh Kadis Kesehatan Harun Masirri didampingi sejumlah Kepala Bidang(Kabid) dan staf Dinkes Kolaka.

Kadinkes Harun ditemui wartawan usai melakukan kegiatan sidak produk makanan dan minuman menjelaskan bahwa pemeriksaan semua produk makanan dan minuman sudah berlangsung beberapa hari di sejumlah pasar swalayan dalam rangka menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2023.

“Kita pastikan semua produk makanan dan minuman aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat sehingga aman untuk kesehatan,”ungkap Harun.

Dikatakannya meski pemeriksaan yang dilakukan beberapa waktu lalu masih ada pasar swalayan memanjang produk makanan dan minuman sudah kadaluarsa. Tetapi pemeriksaan yang dilakukan kali ini susah mulai ada perubahan, penataan barang dietalase sudah bagus, tidak ada lagi barang kadaluarsa dan rusak dipasang meskipun masih beberapa produk kaleng minuman yang penyok dipajang.

“Karena kaleng produk makanan dan minuman yang penyok itu bisa berdampak terhadap negatif sehingga bisa merugikan bagi kesehatan bila dikonsumsi,”kata Harun.

Kadinkes mengimbau kepada masyarakat saat berbelanja di pasar swalayan, harus menjadi konsumen cerdas, meneliti setiap produk yang dibeli mulai dari kemasan, dan masa kadaluarsa produk, serta klik produk.

“Harapan kita dalam menghadapi Idul Fitri tahun 2023 ini masyarakat berbelanja kebutuhan di pasar swalayan agar cerdas meneliti sebelum membeli,”harapnya.(pus)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *