Dinkes dan TNI Kolaborasi Gelar Akzi Bertani

  • Share

KOLAKA,WN—Dinas Kesehatan(Dinkes) Kolaka Sultra bersama Tentara Nasional Indonesia(TNI) dalam rangkaian kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa(TMMD) berkolaborasi menggelar Aksi Bergizi Bersama TNI(Akzi Bertani).

Kepala Dinas Kesehatan(Kadinkes) Kolaka dr.H Muh Aris dikonfirmasi media ini melalui WhatsAppnya pada(23/5/2024) menjelaskan bahwa Akzi Bertani yang dibuka secara resmi oleh Penjabat(Pj) Bupati Kolaka H Andi Makkawaru diwakili oleh Asisten III Setda Kolaka Hj Andi Wahidah berlangsung di Kecamatan Iwoimendaa pada(22/5/2024).

Kadinkes menjelaskan bahwa Akzi Bertani merupakan kegiatan Dinkes Kolaka dengan TNI dalam rangkaian kegiatan TMMD di wilayah tersebut. Dalam upaya percepatan terobosan pembangunan, peningkatan infrasturktur dan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui kegiatan penggerakan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, serta upaya intervensi pencegahan stunting sejak dini.

Sasaran kegiatan Akzi Bertani ini kata Kadinkes adalah remaja putri usia sekolah menengah, dimana dalam kegiatan ini dihadiri oleh remaja putri dari 4 sekolah yaitu SMP Negeri 1 Iwoimendaa, SMP Integral Hidayatullah, Mts Al-Ikhlas Iwoimendaa, dan MAN 2 Kolaka.

“Ini adalah upaya pencegahan dan penanganan stunting, termasuk intervensi Spesifiknya,”jelas Aris.

Akzi Bertani ini kata Kadinkes Aris para remaja putri diberikan penyuluhan oleh sejumlah narasumber terdiri Kadinkes Kolaka dr.H Muh Aris, Plt Kepala Bappeda Kolaka Hj Sri Raoda Buna, Dandim Kolaka 1412/HO Kolaka diwakili oleh Perwira Penghubung Kolaka Utara Kapt.Inf.Mappatoba. Dengan menyampaikan materi Akzi Bertani dalam rangkaian kegiatan TMMD termasuk dalam upaya pencegahan stunting.

Sementara pemateri Plt Kepala Bappeda Hj Raoda Buna mengungkapkan terkait peran Pemerintah Daerah Kabyoaten Kolaka dalam pelaksanaan TMMD sebagai bagian dari upaya pencegahan stunting

Lanjut Kadinkes Aris, kegaiatan Akzi Bertani juga dilakukan diskusi serta deklarasi minum tablet tambah darah oleh para siswi, pemeriksaan kesehatan, mengukur tinggi badan dan berat badan, skrining, mengukur suhu badan dan memberikan edukasi bagaimana memelihara kesehatan.

Deklarasi Akzi Bertani ini turut pula dihadiri oleh unsur TNI, jajaran Dinkes Kolaka, Pemerintah Kecamatan Iwoimendaa, para guru dan pendamping Desa Iwoimendaa.(pus)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *