Dinas Perikanan Turut Berperan Penanganan Kemiskinan Ekstrim

  • Share

KOLAKA,WN—Kepala Dinas(Kadis) Perikanan Kolaka Sultra Ir H Agus Salim Pamus dikonfirmasi media usai mengikuti Rapat Kordinasi(Rakordis) untuk membahas percepatan penanggulangan penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Kolaka.

Kepada media ini Kadis Perikanan Agus Pamus menjelaskan bahwa secara detail Dinas Perikanan tidak memiliki data ril terkait masalah warga kategori miskin ekstrim. Tetapi Dinas Perikanan bertanggungjawab penuh memberikan pelayanan terhadap warga nelayan.

“Kami tidak punya data kemiskinan ekstrim untuk nelayan, tapi yang jelas semua program dinas baik perikanan tangkap maupun budidaya dan pengolahan diarahkan untuk penanggulangan kemiskinan termasuk didalamnya miskin ekstrim,”ungkap Agus.

Dikatakannya salah bentuk wujud perhatian pemerintah dalam melakukan percepatan penanggulangan dan penghapusan kemiskinan ekstrim, melalui instansi dinas yang dipimpinnya kata Agus dengan cara memberikan bantuan mulai dari sarana penangkapan ikan, mesin kapal, perahu, dan berbagai alat tangkap. Begitupun halnya terkait budidaya juga diberikan bantuan dalam bentuk bibit, pupuk non subsidi dan pakan, termasuk pengolahan berupa penjemuran ikan olah seperti abon.

“Jadi warga nelayan apa pun yang dibutuhkan dalam mencari nafkah di laut semuanya dipenuhi oleh pemerintah, dan itulah salah satu bentuk perhatian pemerintah bagaimana agar jangan ada nelayan miskin,”pungkasnya.(pus)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *