Abrasi di Sungai Sakuli Kolaka Membahayakan Warga

  • Share
Kondisi tanggul di Sungai Sakuli yang sudah rusak akibat abrasi
Kondisi tanggul di Sungai Sakuli yang sudah rusak akibat abrasi

KOLAKA,WONUANEWS – Kondisi tanggul di pinggir Sungai Sakuli yang longsor di lingkungan 2 kelurahan Sakuli, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara dikhawatirkan semakin meluas dan membahayakan masyarakat sekitar.

Kata salah satu warga, Hasim, kondisi itu sudah berlangsung dalam dua pekan ini. Jika tak diantisipasi dikhawatirkan longsor tersebut akan semakin meluas dan membahayakan warga sekitar yang bermukim di sekitar sungai tersebut.

“Kalau tidak diantisipasi oleh Dinas terkait secepatnya, akan membahayakan bagi masyarakat Sakuli yang berada di bantaran sungai itu,” Kata Hasim (28/5).

Apalagi kata Hasim saat ini intensitas hujan di Kolaka sudah tinggi dan ditambah lagi kondisi hutan di sekitar sungai Sakuli sudah rusak karena perambahan dan illegal loging.

“Mengingat musim hujan sudah mulai, dan tahun lalu Sakuli pernah Banjir Bandang, hal ini akibat adanya perambah hutan dan illegal loging, ” papar Hasim.

Kondisi itu juga membuat sebagian jalan warga yang telah di beton di pinggir sungai sebagian sudah rusak akibat abrasi di pinggir sungai tersebut.

Untuk itu warga sekitar berharap pemerintah atau dinas terkait segera menanganinya.

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *