Rektor USN dorong hadirnya karya tulis peradaban Mekongga

  • Share
Rektor USN Kolaka, Azhari (tengah) bersama penguru TAAWU Mekongga
Rektor USN Kolaka, Azhari (tengah) bersama penguru TAAWU Mekongga

KOLAKA,WONUANEWS – Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Sulawesi Tenggara, Dr. Azhari mendorong hadirnya karya tulis secara terstruktur dan utuh tentang peradaban Mekongga di Sulawesi Tenggara.

Hal itu disampaikan Ketua organisasi Tamalaki Wonua Mekongga (TAAWU), Abdillah Sukarkio usai menemui Rektor USN kolaka, Dr. Azhari di kediamannya, pada Minggu (8/11/2020).

“Beliau akan mendorong adanya karya tulis yang menjelaskan secara utuh peradaban Mekongga termasuk warisan adat dan budayanya,” ungkap Abdillah.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekira 2,5 jam itu, kata Abdillah, selain harapan tersebut, rektor juga fokus mendiskusikan jejak peradaban era kerajaan-kerajaan di Sulawesi Tenggara termasuk kisah Wasitau putri Raja Mekongga yang menjadi awal sejarah adanya hubungan kekerabatan kerajaan Mekongga, Konawe, Muna dan Buton.

“Beliau memiliki pengetahuan literasi sejarah peradaban kerajaan di Nusantara, terkhusus di Sultra dan juga peradaban Mekongga, sehingga mungkin inilah yang membuat rektor ingin hadirnya sebuah karya tulis yang bisa menjadi salah satu rujukan,” terang Abdillah.

Semoga harapan rektor untuk hadirnya karya tulis secara utuh sejarah peradaban Mekonga tersebut kata Abdillah, dapat segera terwujud apalagi dukungan literatur-literatur dan sisa warisan budaya peradaban Mekongga masih tersedia.

Lanjut Abdillah, pihaknya mengunjungi rektor USN dengan tujuan untuk mengeratkan jalinan silaturahmi, termasuk menyampaikan secara langsung visi dan misi organisasi yang dipimpinnya serta membahas tentang kegiatan ritual adat Mosehe Wonua.

“Tujuan utamanya silaturahmi. Apalagi beliau adalah tokoh muda yang telah teruji rekam jejaknya khususnya di dunia akademisi di Sultra. Karena itu perlu kami tabayun sekaligus mendengar langsung pikiran-pikiran modern beliau, sekaligus juga mengkonikasikan kegiatan Mosehe Wonua,” tutur Abdillah kepada media ini. (kai)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *