Pasokan vaksin di Kolaka terbatas, hambat target capaian vaksinasi

  • Share
Vaksin yang siap disuntikan kepada penerima doc Wonuanews-Mirwanto Muda

Kolaka, Wonuanews – Pasokan vaksin yang terbatas disebut menjadi salah satu kendala dalam  pencapaian target vaskinasi Covid-19 di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Massiri mengatakan kondisi tersebut telah berlangsung sejak awal bulan November 2021.

“Akhir-akhir ini kita ada terkendala oleh pasokan vaksin yang terbatas dari pusat,” terang Harun.

Sehingga sejumlah Puskesmas di Kolaka untuk sementara waktu tidak melayani vaksinasi karena tidak memiliki stok vaksin, padahal antusias masyarakat untuk melakukan vaksinasi sudah cukup tinggi.

“Tetapi kami sudah dapat laporan bahwa Insya Allah dalam minggu ini pasokan sudah tiba, sehingga kita bisa kembali mengejar target dengan dukungan dari berbagai pihak,” ungkapnya.

Keterbatasan pasokan vaskin tersebut juga diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Percepatan Penaganagan Penanganan Covid-19 Kolaka, dr . Muh Aris.

“Kendalanya memang hanya stok vaksin, kalau vaksin tersedia kita bisa capai 2.000 perhari sasaran vaksinasi dengan dukungan pelayana 14 Puskesmas dan satu Rumah sakit serta Tim Serbu yang dibentu,’ jelasnya.

Sehingga dia berharap, pasokan vaksin dapat segera dikirim agar Program Percepatan Vaksinasi Di Kolaka tidak terhambat Demi Terwujudnya Herd Immunity pada akhir tahun 2021 ini.

Dari data Dinkes Kolaka hingga pertengahan bulan November ini capaian  vaksinasi baru mencapai 43,9 persen atau 79.245 orang yang divaksin dosis pertama dari target sebanyak 180.663 sasaran.

Reporter: Mirwanto Muda

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *