Masa Pandemi COVID-19, Desa Konaweha kembangkan pembuatan pupuk kompos

  • Share
Kegiatan pembuatan pupuk kompos yang dilakukan oleh Bumdes desa Konaweha Kecamatan Samaturu

Kolaka, Wonuanews.com – Di masa pandemi COVID-19 Desa Konaweha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sultra mengembangkan pembuatan pupuk kompos organik yang dikelola oleh Bumdes setempat.

Kepala Desa Konaweha Hastu yang dikonfirmasi menjelaskan selain pembuatan pupuk kompos,Badan usaha milik desa juga mengembangkan beberapa usaha untuk meningkatkan pendapatan desa.

“Di masa pandemi ini beberapa kegiatan usaha masyarakat yang tergabung Bumdes memang harus dikembangkan,” katanya.

Selain usaha pembuatan pupuk kompos kata dia Badan usaha milik desa itu juga akan mengelola air bersih yang selama ini dikelola langsung oleh masyarakat secara swadaya.

Lanjut Hastu, apalagi revitalisasi pengurus badan usaha milik desa baru dilakukan tahun ini dimasa pandemi COVID-19 sehingga Pemerintah desa melibatkan semua stakeholder dan kalangan muda yang ada di desa untuk melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan dan menopang ekonomi masyarakat.

Hastu juga menjelaskan pupuk kompos yang dibuat oleh masyarakat sudah melalui uji laboratorium degan hasil yang sangat baik dan bisa bersaing dengan pupuk yang saat ini ada dipasaran.

“Harapan kita pupuk hasil buatan masyarakat bisa dijual dipasaran sehingga bagaimana Pemerintah dan stakeholder bisa memberdayakan hasil kerja masyarakat,” ungkap Hastu.

Reporter: Darwis Sarkani

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *