Ketua DPC PDIP; Posisi Ketua DPRD Kolaka Harus Melalui Tes Uji Kelayakan

  • Share

KOLAKA,WN—Hasil Pemilihan Calon Legislatif(Pilcaleg) Kolaka Sultra tahun 2024, dapat dipastikan bahwa jatah Ketua DPRD Kolaka dari Partai PDIP.

Diketahui meski hasil pleno KPU rekapitulasi penghitungan suara baru dilaksanakan pada hari ini(25/2/2024) disalah satu hotel di Kolaka. Namun berdasarkan data yang diperoleh kata Ketua DPC PDIP Kolaka Suasana mengatakan. bahwa hasil perolehan suara partai tertinggi dari akumulasi semua Dapil PDIP berhasil memperoleh 5 kursi di DPRD Kolaka dengan perolehan suara sekitar 23 ribu lebih.

“Jadi meski pleno penghitungan suara baru digelar KPU hari ini, namun dipastikan posisi Ketua ditempati oleh PDIP,”ungkap Suasana didampingi Margaretha salah satu Caleg terpilih dari Dapil IV Kolaka meliputi Kecamatan Samaturu, Wolo dan Iwoimendaa.

Ditanya wartawan terkait siapa calon ketua apakah secara otomatis yang menjadi ketua DPRD adalah Caleg peraih suara terbanyak? Suasana menjelaskan bahwa mekanisme dalam partai PDIP bilamana Ketua, Sekretaris dan Bendahara(KSB) ada yang lolos maka tentunya itu bisa dilakukan. Tetapi karena SKB tidak ada yang lolos, maka dalam internal partai dilakukan penjaringan tiga nama untuk calon ketua.

“Jadi tiga nama yang terjaring ini akan dilakukan tes uji kelayakan, untuk menentukan siapa yang paling layak untuk menjadi Ketua DPRD Kolaka,”jelasnya.

Test uji kelayakan ini kata Suasana bisa saja dilaksanakan di kabupaten atau Provensi, tetapi memang disadari bahwa yang kyang melakukan tes uji kelayakan itu adalah dari Dewan Pimpinan Pusat(DPP) PDIP.(pus)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *