2 orang bukan warga Kolaka Timur digagalkan mencoblos

  • Share
Dua orang yang diduga bukan warga setempat yang digagalkan mencoblos di TPS 01 Rate-Rate Kolaka Timur
Dua orang yang diduga bukan warga setempat yang digagalkan mencoblos di TPS 01 Rate-Rate Kolaka Timur

TIRAWUTA, WONUANEWS – Tim sukses salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara menggagalkan 2 orang yang diduga bukan warga setempat  yang hendak mencoblos di TPS 01 Kelurahan Rate-Rate pada Pikada Kolaka Timur (9/12/2020) .

Akibat kejadian itu, proses pemungutan suara di TPS tersebut sempat ricuh. Sejumlah orang mengejar oknum yang diduga membawa 2 warga yang diduga bukan warga Kolaka  Timur tersebut. Untungnya aparat kepolisian dan TNI yang sedang berjaga dapat menenangkan situasi, dan proses pemungutan suara pun dilanjutkan.

Sementara dua orang yang berjenis kelamin perempuan tersebut kemudian diamankan oleh petugas dan tidak diperkenankan mencoblos meski memilki KTP Kolaka Timur.

“Ini ada apa kok orang memiliki KTP di desa Matabondu memilih di TPS 01 yang ada di Kelurahan Rate-rate,” Tegas Ajib Majid salah satu tim pemenangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur.

Yang anehnya lagi kata dia pemilik KTP tidak mengetahui alamat tempat tinggalnya di Desa Matabondu sehingga patut dicurigai sebagai pemilih siluman dan ingin memenangkan salah satu calon Bupati.

“Kita minta Panwas selesaikan persoalan ini karena jelas sangat merugikan salah satu pasangan calon,” tegas politisi PAN itu.

Sementara ketua KPU Kolaka Timur, Suprihaty Prawati Nengtyas di lokasi kejadian mengatakan dua orang  pemilik KTP itu masuk dalam DPTB dan saat datang menyalurkan hak pilihnya di TPS 01 kelurahan Rate-rate ditolak oleh tim pemenangan salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati sehingga terjadi keributan diluar tempat pemungutan suara.

Nengtyas juga menjelaskan saat KPPS di TPS itu melakukan pleno terkait pemilih yang menggunakan KTP wilayah lain membatalkan dan menolak untuk menyalurkan hak suaranya.

” Pemilik KTP sudah mengakui bahwa memang dia bukan warga disini dan sudah menandatangani surat pernyataan,” kata ketua KPU Kolaka Timur itu.

Untuk diketahui pemilihan kepala daerah calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur di ikuti dua pasangan calon yakni Tony Herbiansyah-Baharuddin dan pasangan Syamsul Bahri Majid- Andi Merya Nur. (raz)

>
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *